Dinkes Kab. Lebak mengikuti kegiatan “Workshop SMILE Imunisasi Rutin dan BIAN”
Rival Alfia | 13 Agustus 2022 | Dibaca 1494 kali

Workshop SMILE Imunisasi Rutin dan BIAN

Program imunisasi merupakan salah satu intervensi kesehatan masyarakat terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I). Dalam rangka penguatan sistem rantai pasokan vaksin program imunisasi yang lebih efektif dan efisien serta mudah dipantau secara real time, Kementerian Kesehatan bersama dengan UNDP telah mengembangkan Sistem Monitoring dan Logistik secara Elektronik (SMILE).

Untuk mendukung upaya pelaksanaan program imunisasi dengan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SMILE, Dinkes Kab. Lebak mengikuti kegiatan “Workshop SMILE Imunisasi Rutin dan BIAN” yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan tanggal 10-12 Agustus 2022.

Pengelola Program imunisasi, Rival Alfia mengatakan dengan penggunaan Aplikasi SMILE akan memudahkan dalam memonitoring penggunaan logistik vaksin, perencanaan kebutuhan tahunan vaksin dapat di perhitungkan dengan efektif dan efisien, juga akan meminimalisir terjadinya waste vaccine atau vaksin yang tidak terpakai terbuang.

Selain itu, TIM UNDP mengatakan penggunaan Aplikasi SMILE akan membangun Kerjasama yang baik antara pengelola imunisasi dengan pengelola logistik di Provinsi sampai Puskesmas terkait sistem manajemen vaksin dan logistik dalam SMILE. Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan monitoring rutin harian terkait pencatatan SMILE dan temperature penyimpanan vaksin bagi yang telah menerima temperature logger berteknologi IoT (internet of thing).

 

 

Sumber : Dinkes Kab. Lebak 2022

BAGIKAN :



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin