Dinkes Kab Lebak Bersama WHO Melakukan RCA Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)
Rival Alfia | 17 Agustus 2022 | Dibaca 5115 kali

Dinkes Kab Lebak Bersama WHO Melakukan RCA Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan pemberian imunisasi tambahan Campak Rubella, serta melengkapi Imunisasi Polio, dan DPT-HB-HIB yang terlewat. Kegiatan BIAN telah berlangsung sejak 1 Agustus sampai 14 September 2022 di wilayah Kab Lebak.



Dalam rangka evaluasi pelaksanaan BIAN sekaligus upaya peningkatan capaian BIAN, tim Dinkes Kab Lebak bersama WHO melakukan monitoring evaluasi dan Rapid Convenience Assesment (RCA) di wilayah kerja Puskesmas Maja pada tanggal 16 Agustus 2022. Rapid Convenience Assesment (RCA) atau penilaian cepat merupakan  salah satu tindakan untuk mengetahui sasaran dan kisaran cakupan imunisasi di wilayah tersebut, apakah sudah imunisasi atau belum, jika belum di imunisasi maka diminta untuk diberikan imunisasi. Rapid Convenience Assesment (RCA) dilakukan dengan metode wawancara mendalam (Indepth Interview) per individu pada masyarakat secara acak dengan minimal 15 responden.

Selanjutnya, informasi yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam (Indepth Interview) tersebut dilakukan interpretasi dalam bentuk analisa sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan capaian BIAN di wilayah tersebut.

BAGIKAN :



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin