Updating Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI SDMK) bersama Klinik
Zakiyatur Rosyidah | 08 Agustus 2022 | Dibaca 1765 kali

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Salah satu strateginya adalah dengan menjamin perlindungan sosial termasuk kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan, melalui pemberian Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara adil dan merata.

Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan pemenuhan kebutuhan SDM Kesehatan (SDMK). Pemenuhan SDM Kesehatan tidak hanya terkait dengan jumlah dan jenisnya, namun juga mencakup ketersediaan SDMK  yang memiliki pengetahuan dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan layanan kesehatan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) telah mengembangkan Sistem Informasi SDM Kesehatan (SI SDMK) dan merupakan sub sistem Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang saat ini sudah terintegrasi dengan data Nomor Induk Kependudukan (NIK). SI SDMK diharapkan menjadi sebuah pangkalan data SDMK yang valid, terkini, lengkap dan dapat memberikan gambaran ketersediaan SDMK di setiap wilayah dan fasilitas pelayanan di Indonesia.

Sebagai dukungan terhadap hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak menyelenggarakan kegiatan Updating Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI SDMK) di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak pada Senin, 08 Agustus 2022 yang dihadiri oleh perwakilan beberapa klinik di Kabupaten Lebak. Sub Koordinator SDMK dan SIK, Yeni Srimulyani, berharap data SDMK di Kabupaten Lebak, dalam hal ini klinik, dapat diperbarui secara rutin, “Dengan adanya pertemuan ini diharapkan semua klinik yang ada di Kabupaten Lebak selalu mengupdate data SDMK secara rutin yaitu tiga bulan sekali sehingga pangkalan data SI SDMK Kabupaten Lebak adalah data terbaru, valid dan juga lengkap, “ kata Yeni.

Tati Saswati yang merupakan perwakilan dari Klinik Ar Rahmah mengapresiasi kegiatan ini, “Melalui kegiatan ini, kami fasilitas kesehatan swasta merasa dirangkul dan dibimbing oleh dinas kesehatan dan berharap kedepannya dinas kesehatan lebih sering mengadakan kegiatan serupa sehingga apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai.

BAGIKAN :