Puskesmas Pajagan Gelar Posyandu Terintegrasi di 7 Desa dan 37 Posyandu
Nikie Ramdhani | 08 Agustus 2022 | Dibaca 2526 kali

Tim BIAN Puskesmas Pajagan sedang mensukseskan BIAN 2022

SAJIRA – Puskesmas Pajagan Kecamatan Sajira, menggelar kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Posyandu Desa Pajagan Kecamatan Sajira pada Senin (8/8/22).

Acara BIAN tersebut dihadiri langsung oleh Camat Sajira H. Mulyana, S.Pd., MM beserta sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintahan Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak.


Sementara itu, saat dilokasi Camat Sajira H. Mulyana, S.Pd., MM menyampaikan, dengan adanya Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) diharapkan akan menghasilkan hasil yang positif dan dapat menekan atau mengurangi stunting/Gizi Buruk di wilayah Kecamatan Sajira.

Selain itu tampak hadir Kepala Desa Pajagan Bapak H. Atmawijaya, kehadiranya dalam acara tersebut sebagai bentuk sinergitas Aparatur Desa dengan Pemerintah dan instansi terkait lainnya.

Kepala Puskesmas Pajagan, Bapak H. Sukandi mengatakan, Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan 2022, untuk mengoptimalkan cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi Covid-19.

“Kami dari Puskesmas Pajagan akan segera mempercepat imunisasi BIAN ini, nanti balita yang belum diimunisasi kita akan lakukan door to door,” terangnya.

H. Sukandi menjelaskan, bahwa BIAN ini bertujuan sebagai upaya menutupi kesenjangan imunisasi bagi Balita dengan melakukan harmonisasi kegiatan imunisasi tambahan (Campak-Rubela) dan Imunisasi Kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib),

“Ya, untuk mencegah penyakit campak serta penyakit lain serta menjadikan kekebalan tubuh sehingga akhirnya menjadikan eliminasi Campak Rubela, dan mempertahankan status di Kabupaten Lebak bebas polio serta mencegah terjadinya penyakit terhadap ibu dan anak baru lahir diantaranya difteri, pertussis dan Toksoid” ungkapnya.

Adapun sasaran BIAN ini adalah untuk imunisasi campak anak usia 9 bulan sampai dengan 59 bulan.

Kepala Tata Usaha Puskesmas Pajagan, Bapak Rendi Andriyana Ciptedi, SKM, MM  Menjelaskan “Kami juga mengejar untuk anak usia 1 tahun sampai dengan 5 tahun diberikan juga imunisasi Tambahan Campak Rubella disamping mengejar imunisasi yang lain yang tertinggal guna melengkapi dosis imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat,” terangnya. 

Rendi menjelaskan, Puskesmas Pajagan mulai 1 Agustus 2022, melaksanakan kegiatan BIAN yang akan dilaksanakan di 7 desa. “Kami akan menggelar ke semua desa dengan total 37 Posyandu, nanti kita akan monitoring ke Posyandu berikutnya,” terangnya.

Dirinya berharap seluruh masyarakat yang mempunyai anak balita berperan aktif dalam ikut serta mensukseskan BIAN agar seluruh balita menjadi sehat. (NR)


BAGIKAN :



Komentar
img
Ucu Yoanah
08 Agustus 2022 22:28:59

Semangat terus para punggawa garda terdepan kesehatan lebak.... Lelahmu karena lillah... Hasil tak akan menghianati proses.... Lebak bebas rubella 2026,

Ucu Yoanah
Rival Alfia
10 Agustus 2022 14:56:42

@Ucu Yoanah,

Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin