Penyerahan Kartu JKN-KIS oleh Menteri Kesehatan Kepada Masyarakat Suku Baduy
Mahardika Dyah K | 26 September 2023 | Dibaca 1374 kali

Penyerahan Secara Simbolis Kartu JKN KIS Kepada Masyarakat Suku Baduy

Berdasarkan UU No.40 Tahun 2004 bahwa Setiap orang berhak atas jaminan sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabat menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur. Salah satu jenis program jaminan sosial ialah jaminan kesehatan. 

Baduy merupakan salah satu suku adat yang ada di wilayah kabupaten Lebak dengan jumlah penduduk 9.297 jiwa yang tedata di Dinas Kependudukan dan catatn sipil, telah memiliki jaminan kesehatan sebanyak 6.687 jiwa

Pada hari ini Selasa, 26 September 2023 bertempat di Lapangan Binong Raya, Desa Kebon Cau, Kecamatan Bojongmanik telah terlaksana pembagian kartu JKN-KIS oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementrian Kesehatan kepada warga baduy. 

Secara bertahap warga baduy akan didaftarkan menjadi peserta pada program jaminan kesehatan nasional agar meningkatkan jumlah kepesertaan di suku adat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan adil, merata dan berkualitas. 

Bersamaan dengan kegiatan tersebut Dinas Kesehatan  Kabupaten Lebak dengan tim Puskesmas Cisimeut, Leuwidamar, Cirinten, dan Bojongmanik melakukan usaha Promotif, preventif, dan kuratif berupa penyuluhan kesehatan, skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), pemeriksaan kehamilan, pengobatan serta pelayanan Pencatatan sipil dan BPJS Kesehatan. 

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Pejabat di Lingkungan Kementrian Kesehatan, BPJS Kesehatan KC Serang, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Lebak, Kepala Dinas Sosial Kab.Lebak, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Sosial dan Unsur Pemerintah Daerah

Sinergitas terus dilakukan untuk mendukung dan mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lebak.

BAGIKAN :