PELATIHAN SERVICE EXCELLENT, PELAYANAN PRIMA TULUS DARI HATI
adminsitrator | 15 Agustus 2023 | Dibaca 1380 kali

Dinkes Lebak Selenggarakan Pelatihan Service Exellent Petugas Puskesmas

Sesuai dengan strategi Kementerian Kesehatan dalam pembangunan  kesehatan di Indonesia melalui transformasi kesehatan, yaitu pilar ke 5 yaitu transformasi SDM kesehatan serta sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Lebak, Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak berkomitmen untuk ikut serta dalam pelaksanaan melalui pengembangan mutu dan peningkatan kompetensi teknis SDM kesehatan di Kabupaten Lebak. Salah satunya adalah pelatihan peningkatan kompetensi teknis petugas Puskesmas dalam pelaksanaan pelayanan prima (service excellent) di Puskesmas.

Puskesmas merupakan garda terdepan dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang sehat. Hal tersebut karena puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang terdekat ke masyarakat untuk menyelesaikan masalah kesehatannya. 

Upaya peningkatan kualitas pelayanan puskesmas dalam mewujudkan pelayanan prima saat ini menjadi semakin penting mengingat bahwa puskesmas merupakan penanggungjawab wilayah dan pelaksana utama pencapaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan kabupaten/kota. Selain itu, pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan perkembangan media informasi yang semakin luas di era digitalisasi industri 4.0 juga menuntut Puskesmas untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. 

Pelaksanaan pelatihan peningkatan kompetensi teknis petugas Puskesmas dalam pelaksanaan pelayanan prima (service excellent) di Puskesmas diikuti oleh 86 orang yang terdiri dari 43 Kepala Puskesmas dan 43 Kepala Tata Usaha Puskesmas SeKabupaten Lebak. Mulai tanggal 7 Agustus sampai dengan 10 Agustus 2023 yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat.


Kegiatan dibuka oleh Bupati Lebak, Dr. Hj. Iti Octavia Jayabaya, S.E., M.M. Dalam sambutan sekaligus pemberian materinya, beliau menyampaikan “Puskesmas sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dan menjadi pusat kesehatan primer bagi masyarakat, maka keberhasilan upaya puskesmas merupakan bagian penting dan strategis dalam peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat”. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh petugas Puskesmas atas dedikasi dan pengabdian dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lebak terutama ketika dalam melewati masa sulit pandemi Covid-19.

Adapun narasumber lain pada pelatihan ini adalah Bapak Sekretaris Daerah dan para Asisten Daerah Kabupaten Lebak, PPSW Pasoendan Digdaya dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak. Metode pembelajaran pada pelatihan ini yaitu dengan metode ceramah, diskusi dan praktik secara langsung untuk mengaplikasikan teori yang disampaikan. Materi yang disampaikan terkait bagaimana dan apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan service excellent kepada masyarakat. Service Excellent adalah pelayanan secara konsisten memenuhi kebutuhan pasien atau masyarakat dan bahkan dapat melampaui kenginan dan kebutuhan atau ekspektasi masyarakat sebagai pengguna.

Dengan pelatihan ini diharapkan petugas Puskesmas dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan memberikan pelayanan prima terbaik, menerima serta menangani keluhan pelayanan kesehatan, serta membangun kerjasama tim petugas pelayanan kesehatan yang sistematis.