Pekan Imunisasi Dunia 2023, Sehatkan Anak dengan Imunisasi Lengkap!
adminsitrator | 07 Mei 2023 | Dibaca 5961 kali

Sejak Mei 2012, World Health Assembly (WHA) telah memprakarsai Pekan Imunisasi Dunia yang diperingati pada tiap minggu ke-4 bulan April (24 – 30 April). Hingga saat ini, Pekan Imunisasi Dunia telah dilaksanakan oleh lebih dari 180 negara melalui pelaksanaan berbagai kegiatan.

Tema Nasional yang diusung pada Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2023 ini adalah “Ayo lindungi diri, keluarga dan masyarakat dengan imunisasi lengkap”. Dalam  rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dan manfaat imunisasi rutin lengkap dalam memberikan perlindungan terhadap PD3I dan mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) pada masa yang akan datang, perlu dilakukan penggerakan semua sumber daya yang ada.

Pemberian Imunisasi Lengkap Rutin berguna untuk memberi perlindungan menyeluruh terhadap penyakit-penyakit berbahaya. Dengan memberikan imunisasi sesuai jadwal, tubuh bayi dirangsang untuk memiliki kekebalan sehingga tubuhnya mampu bertahan melawan serangan penyakit berbahaya.

Perhatikan, catat dan ingat jadwalnya yaa!


Berikut manfaat pemberian Imunusasi Dasar Lengkap:

Berikut manfaat pemberian Imunusasi Dasar Lengkap:

- BCG diberikan untuk mencegah penyakit tuberculosis;

- Polio diberikan untuk mencegah lumpuh layu;

- Campak diberikan untuk mencegah penyakit campak;

- MR diberikan untuk mencegah penyakit campak sekaligus rubella;

- DPT-HB-HIB diberikan untuk mencegah 6 penyakit, yakni Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Pneumonia (radang paru) dan Meningitis (radang selaput otak);

- Hepatitis B (HB) diberikan untuk mencegah penyakit Hepatitis

Salam Sehat!

BAGIKAN :