KEGIATAN EVAKUASI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) BERAT
Dini Saptika R | 15 Desember 2023 | Dibaca 85 kali

Acara pembukaan Evakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat (ODGJ) Beratoleh Sekretaris Daerah Kab. Lebak Bapak Budi Santoso, A.P, M.Si dan Asisten Daerah 3 Bapak Feby

Pendopo, Rabu 13 Desember 2023  Dinas Kesehatan kabupaten Lebak bekerjasama dengan RSJ Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor melaksanakan kegiatan Evakuasi Massal Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Berat sebanyak 13 orang

Sesuai amanat Undang-undang nomor 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa menyebutkan bahwa upaya kesehatan jiwa diselenggarakan melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dilaksanakan secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan bersama-sama dengan lintas program dan lintas sektor terkait dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Kegiatan seremonial ini dibuka dan sekaligus menyerahkan pasien untuk mendapatkan perawatan di RS Jiwa oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Bapak Budi Santoso, A.P., M.Si, dan Assisten Daerah 3 Kabupaten Lebak, Bapak Feby Hardian didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bapak H.Triatno Supiono, S.IP dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Bapak Nurul Hakim, S.Hut., Msc.

Tujuan diselenggarakan kegiatan yaitu  agar pasien mendapat perawatan dan pengobatan di ruang rawat jiwa kemudian mendapatkan rehabilitasi psikososial dan setelah menjalani terapi selama kurang lebih 16 hari pasien akan dikembalikan Kembali ke Kabupaten Lebak untuk selanjutnya mendapatkan perawatan di fasilitas pelayanan Kesehatan terdekat dengan domisili pasien sehingga diharapkan pasien dapat terkontrol serta diharapkan dapat kembali produktif Ketika pasien setelah kembali kemasyarakat

Kegiatan dimulai dengan skrining meliputi ODGJ yang harus dirawat. Jaminan BPJSnya aktif dan mendapatkan persetujuan dari keluarga untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan di RS Jiwa Dr. H Marzoeki Mahdi Bogor. Tim yang diterjunkan dari RS Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi untuk melakukan evakuasi sebanyak 10 orang terdiri dari : 1 orang dokter spesialis jiwa, 1 orang dokter umum, 1 orang PJ Lintas sektor dan integrasi, 1 orang pekerja social medis, 4 orang perawat dan 2 orang sopir, serta 2 kendaraan yaitu bus dan mobil ambulance.

Kami ucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memfasilitasi perekaman foto bagi ODGJ yang belum punya NIK/KTP, Dinas sosial yang memberikan rekomendasi memfasilitasi kepesertaan BPJS, pihak Satpol PP sebagai keamanan dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas.

Serta kami  mengucapkan rasa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak RSJ Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor, Pemerintah Kabupaten Lebak, yang telah memfasilitasi kegiatan ini dengan baik. Semoga pasien ODGJ bisa dirawat dan diobati sehingga bisa kembali kepada keluarga dalam kondisi sehat, produktif, mandiri dan bisa diterima masyarakat..Aamiin..

BAGIKAN :