Kabupaten Lebak Kirimkan Perwakilan untuk Seleksi Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi
adminsitrator | 08 Mei 2024 | Dibaca 97 kali

Pemilihan Nakesdan Tingkat Provinsi

Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesdan) bertujuan untuk memberikan penghargaan atas pengabdian, prestasi kerja, dan atau inovasi serta peran aktif tenaga kesehatan dalam mendorong keberhasilan pembangunan dibidang kesehatan. Di Kabupaten Lebak, pemilihan Nakesdan Puskesmas dilakukan oleh Tim Juri yang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan serta perwakilan dari masing-masing Organisasi Profesi. Pemilihan Nakesdan tingkat Kabupaten dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 22 Maret. Tenaga kesehatan tersebut terdiri dari kategori dokter umum, bidan, perawat, sanitarian, dan tenaga promosi kesehatan. Masing-masing kategori membuat makalah mengenai inovasi dan mempresentasikannya kepada dewan juri, dan dihadiri oleh lintas sektor seperti camat dan kepala institusi dalam wilayah kerja, serta rekan kerja. Selain itu, penilaian tambahan dilihat dari masa kerja, penghargaan, diklat, serta keadaan geografis tempat kerja.

Setelah terpilih, juara Nekesdan tingkat Kabupaten ini mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Mereka adalah dr. Vina Dwiningsih kategori dokter umum, Ns. Nur Atikah, S.Kep kategori perawat; Irma Puspita Handayani, Amd., Keb kategori bidan; Shinta Widyaningrum, SKM kategori sanitarian; dan Ratu Dini Nurasih, SKM kategori promosi kesehatan. Sebelum dilakukan penilaian oleh Tim Juri, dilakukan pendampingan kepada para peserta oleh tim untuk mempersiapkan komponen yang menjadi penilaian seperti ujian materi, presentasi mengenai inovasi, wawancara, serta penilaian lapangan sesuai tempat kerjanya masing-masing yang dilaksanakan pada 14 Mei 2024.

Penilaian tenaga kesehatan teladan ini berpedoman pada Permenkes No. 23 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemberian Penghargaan Bagi Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas.

BAGIKAN :