Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Menyelenggarakan Kegiatan Orientasi Pendampingan Ibu Hamil, Bersalin, Nifas Bagi Tenaga Kesehatan Di Puskesmas
Ayudya Sekar N | 24 Agustus 2022 | Dibaca 1517 kali

Orientasi Pendampingan Ibu Hamil, Bersalin, Nifas Bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas

Dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu  dan Angka Kematian Bayi Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Subkor Gizi dan KIA melaksanakan kegiatan “ Orientasi Pendampingan Ibu Hamil, Bersalin, Nifas Bagi Tenaga Kesehatan Di Puskesmas”. Bertempat di Hotel Bumi Katineung pada tanggal 23 Agustus 2022, dengan dihadiri peserta  dokter  sebanyak 43 orang  yang bertugas di Puskesmas wilayah Kabupaten Lebak.

Kegiatan ini menghadirkan Fasilitator sebanyak  5 orang  yaitu dari Puskemas 4 orang dan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  1 orang. Materi pertama dibawakan dr. Maya Ernawati tentang Peran Dokter dalam Asuhan ANC Terpadu. Materi kedua dilanjutkan oleh dr. Cristin Della Rosa, beliau memaparkan tentang Skrining dan tatalaksana Penyulit Medis Obstetri. Kemudian materi ketiga dilanjutkan oleh dr. Sunengsih, materi yang dibawakan yaitu Skrining dan tatalaksana Penyulit Non Medis. Materi ke empat disampaikan oleh dr. Diana Han dengan materi Penanganan dan Rujukan persalinan. Dan materi terakhir dalam kegiatan ini disampaikan oleh dr. Vera Ariyanti beliau menjelaskan tentang Asuhan Nifas Sesuai Standar.

 

Proses kegiatan berjalan cukup menarik dan antusias dari para peserta .  Hasil yg diharapkan dari kegiatan ini agar Dokter di Puskesmas mampu memahami dan melakukan tatalaksana serta menyusun strategi dalam penurunan AKI/AKB, meningkatkan cakupan pelayanan KIA, meningkatkan kualitas pelayanan KIA, dan Menurunkan AKI/AKB. 


BAGIKAN :