98,34 Persen Cakupan Kepesertaan JKN-KIS Pemkab Lebak Raih UHC Award
adminsitrator | 10 Agustus 2024 | Dibaca 93 kali

98,34 Persen Cakupan Kepesertaan JKN-KIS Pemkab Lebak Raih UHC Award

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024 dari Wakil Presiden Republik Indonesia. Acara tersebut berlangsung di Krakatau Grand Ballroom, TMII Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024. Acara ini diselenggerakan dalam rangka memperingati satu dekade pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Anugerah UHC Award Tahun 2024 tersebut diraih Kabupaten Lebak lantaran 98,34% penduduk sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Kabupaten Lebak menjadi satu diantara penerima penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah kepada 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota se-Indonesia. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak, Budi Santoso AP. M.Si., yang didampingi oleh Plt.Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, dr. Budhi Mulyanto dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Lebak, dr. Firman Rachmatullah, S.H., M.K.M menerima penghargaan yang secara simbolis diserahkan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan RI. 

Hingga 1 Agustus 2024, tercatat sudah 98,34 persen atau 1.470.198 penduduk terdaftar dalam program JKN dari total jumlah penduduk Kabupaten Lebak  sebanyak 1.494.976 jiwa. Artinya, Kabupaten Lebak telah mencapai target nasional yang ditetapkan pemerintah. Di sisi lain, progres angka keaktifan peserta JKN saat ini sudah mencapai 75,95 persen atau sebanyak 1.135.404 penduduk.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin memberikan apresiasi yang tinggi atas berbagai upaya dan kerja keras pemerintah daerah yang konsisten dalam mendukung program JKN sebagai salah satu program stratifikasi nasional sejak 2014. Sementara Direktur Utama BPJS Kesehatan mengapresiasi seluruh kepala daerah, karena capaian UHC merupakan bentuk implementasi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pemerintah Daerah berharap, bersama kita dukung optimalisasi program JKN-KIS dengan menghadirkan layanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas serta kemudahan akses bagi seluruh Masyarakat.

BAGIKAN :